Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi didalam Kehidupan Budaya Indonesia

Apakah anda merasa budaya Indonesia akhir-akhir ini semakin terkikis? Kalau ya, berarti sama dengan saya. Saya pun merasa begitu. Banyak kehidupan budaya Indonesia yang semakin menghilang. Salah satu penyebab besarnya ialah perkembangan dunia teknologi komunikasi yang semakin pesat. Dalam kebudayaan Indonesia pengaruh teknologi komunikasi dapat berdampak positif maupun negatif. Intinya dunia teknologi komunikasi sangat berpengaruh pada kebudayaan Indonesia.

Bisa diambil sebagai salah satu contoh besar di zaman sekarang: Gadget. Bahkan sekarang yang mempunyai gadget bukanlah orang dewasa saja. Tetapi, banyak pula anak SD maupun TK yang sudah mempunyai gadget canggih. Karena sebab itulah budaya Indonesia dipertaruhkan. Sekarang ini anak-anak tidak tahu budaya permainan tradisional seperti congklak, galaksin, dll. yang mereka tau ialah macam-macam permainan yang ada pada gadget mereka. 

Atau contoh lainnya penggunaan akun sosial media. Seringkali akibat penggunaan sosial media yang tidak bertanggung jawab menimbulkan masalah hukum, seperti pencemaran nama baik, penipuan bhakan penculikan. Tetapi penggunaan sosial media tidaklah semuanya berdampak negatif, jika kita menggunakan dengan baik dan bertanggung jawab. Kita dapat tetap menjaga hubungan kita kepada teman ataupun keluarga walau dengan jarak jauh. Tetapi sering kali kita mendengar "mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat" tentang penggunaan sosial media.



Perkembangan teknologi komunikasi sekarang ini juga sudah bertambah pesat dan canggih. Dan semakin dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan teknologi. Banyak sekali keuntungan untuk kecanggihan masa depan Indonesia yang dipergunakan para perusahaan maupun kehidupan sosial. 


Komentar

Postingan Populer