Digital Culture New Media

      


       New media merupakan istilah untuk menandai adanya Era Digital. Apa itu era digital? Bagaimana mengetahui tentang adanya era digital? Era digital culture itu sendiri adalah era dimana teknologi berkembang dengan pesat sehingga menciptakan budaya digital yang sangat memungkinkan orang berkomunikasi walau berada di jarak yang jauh. Dengan teknologi ini kita tidak perlu berkomunikasi dengan orang yang jauh dari kita dengan mengirimkan surat melainkan kita dapat bertukar informasi ataupun berkomunikasi menggunakan alat digital kita seperti handphone dan laptop. Salah satu penyebabnya ialah semakin murah dan mudahnya didapat perangkat komputer atau handphone serta berkembangnya perangkat lunak open source dan tersedianya layanan internet yang gratis dll.



          Teknologi digital inilah yang mempengaruhi budaya. Dengan berkembangnya budaya digital dengan sangat pesat ini kemudian lahirlah istilah New Media atau Media Baru. Media baru dapat didefinisikan sebagai kemajuan media informasi dari sebuah media baru, yaitu media digital. New media sudah banyak perkembangan dalam bidang apapaun. Contohnya saja dalam bidang pendidikan, kita mengetahui adanya e-book dan ada juga dalam bidang komunikasi seperti media-media sosial yang digandrungi banyak orang dengan segala macam umur.





New Media atau Media Modern adalah media yang sedang berkembang dengan sangat pesat saat ini dalam bidang teknologi serta komunikasi. New media mempunyai pengaruh besar pada kehidupan manusia saat ini. New media selain menghubungkan komunikasi diantara Manusia juga dapat menghubungkan Manusia dengan teknologi saat ini. 
contoh dari New Media:
- Internet
- Social Network
- Handphone
- Web
- Dll.

Ada New media berarti adapula Old Media atau Media Lama. Media Lama disini ialah media yang berkembang di jaman dulu. Media Lama yang memperkenalkan Manusia dengan informasi pertama kali.
contoh Old Media:
- Televisi
- Koran
- Majalah
- Radio
- Dll.

Semakin banyaknya bermunculan media baru maka akan menimbulkan efek ke kehidupan Manusia. Ada dampak positif serta negatif dari penggunaan media baru tersebut. Disini akan dijelaskan kurang lebihnya dampak positif & negatif dari penggunaan media baru:

Dampak Positif:
1. Kita dapat menghemat waktu.
2. Media Baru dapat dimanffatkan dalam bidang bisnis.
3. Mendapat informasi, pengetahuan, dan berkomunikasi dengan mudah.
4. Membantu meringankan tugas.

Dampak Negatif:
1. Penurunan moral.
2. Penurunan berkomunikasi karena terlalu asyik dengan teknologi.
3. Pada anak sekolah timbul rasa malas untuk belajar.
4. Memperlambat kerja otak akibat terlalu sering menatap layar gadget-nya.
5. Timbulnya kejahatan kriminal melalui media sosial.

source:
http://kiezyoktivany.blogspot.com/2011/11/sudut-pandang-digital-teori-pada.html
http://arifshofwan.blogspot.com/2014/10/digital-culture.html
http://artsandscience.usask.ca/iccc/undergraduate/newmedia/

Komentar

Postingan Populer