Social Media in Real Life

Apa itu sosial media? Apakah ada keuntungannya memiliki akun sosial media? Seberapa pentingkah sosial media untuk hidupmu? Apa kamu tidak bisa sehari saja tanpa melewatkan waktumu bersama sosial media?


Sosial media sendiri adalah wadah dimana terjadinya interaksi sosial yang dilakukan seseorang untuk memposting, membagi, dan saling bertukar informasi di dalam dunia maya atau komunikasi virtual menggunakan jaringan internet. Sekarang ini sudah banyak sekali media sosial yang ada. Saya meneliti dari teman-teman saya mengenai sosial media yang sering mereka gunakan.

Q : Apakah Anda mempunyai sosial media? 
A : Tentu saja, saya adalah tipe orang yang up-to-date! Hohoho..


Q : Apa saja sosial media yang Anda miliki?

A : Saya mempunyai hampir dari semua sosial media yang ada, hehehe^^ mulai dari Facebook yang sudah tidak asing lagi, twitter, instagram, Path yang sekarang sedang hits, sampai sosial media jadul yang pernah saya miliki, Friendster.


Q : Mengapa Anda mempunyai sosial media? 

A : Karena hanya di soial media saya dapat mengekspresikan diri saya. Saya juga biasa menggunakanya untuk mencari info-info rekomendasi restoran yang menyediakan makanan-makanan enak dan tempat liburan. Selain itu alasan khas dari sosial media itu sendiri, yaitu ingin menambah teman, memperluas pergaulan.


Q : Apa sosial media yang paling sering Anda buka? Dan alasan Anda membukanya?

A : Twitter. Saya sering membuka twitter untuk hanya sekedar melihat quote-quote unik, gambar atau kata-kata lucu (baca:meme), selain itu twitter dapat terhubung dengan instagram maupun Path. Saya juga sering membuka instagram dan Path. Di instagram saya dapat memposting foto-foto saya pada momen-momen tertentu serta dapat mengikuti perkembangan idola saya melalui foto-foto mereka selain itu di instagram banyak sekali online-shop yang menjual berbagai macam barang. Kemuadian di Path saya juga bisa memposting dimana, apa, sedang apa dan dengan siapa saya saat momen itu. Saya juga dapat mengetahui hal yang sama untuk teman-teman saya.


Nah, ini adalah sebagian percakapan dengan teman saya mengenai sosial media. Mungkin diatas sekilas hanya terlihat bahwa sosial media hanya mempuyai sisi posotif, tetapi apakah benar? Tentu saja tidak. Sosial media, seperti halnya manusia yang memiliki sisi gelap pun memiliki sisi negatifnya. Berikut adalah beberapa sisi negatif dari penggunaan sosial media :

1. Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.

2. seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya dikarenakan penggunaan gadget yang berlebihan.

3. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang.

4. Kejahatan dunia maya (cyber crime). Seiring berkembangnya teknologi,  berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.

5. Membuat waktu terbuang dengan sia-sia sudah beberapa waktu saya mengamati perilaku pengguna jejaring sosial dengan berinteraksi secara intensif dengan beberapa users. Satu pertanyaan yang sering hinggap di benak saya adalah bagaimana user tersebut bisa online terus padahal secara teori mereka seharusnya sedang bekerja, istirahat tidur malam hari, ataupun sedang beribadah.

Tetapi tidak selamanya mempunyai sosial media itu merugikan. Seperti yang sudah dibahas tadi, tentu saja banyak sisi positif dari penggunaan sosial media yang dapat kita peroleh. Beberapa sisi positif yang di dapat dari penggunaan sosial media :

1. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang. Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan di situs jejaring sosial. Semenjak situs jejaring sosial seperti yang disebutkan diatas sangat menyedot perhatian publik. 

2. Sebagai media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Cakrawala dunia serasa berada dalam sentuhan jari kita. 

3. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.






Source : http://arifshofwan.blogspot.com/2014/11/media-sosial-dimasyarakat.html
Ucapan terima kasih kepada Anggitta Parlina & Evi Agustina Br Dongoran ;)

Komentar

Postingan Populer