Pengembangan Web dan Bahasa Pemrograman Web

Web merupakan sistem penghubung satu sama lain dengan menggunakan jaringan internet yang didalamnya terdapat hyperlink yang saling menghubungkanya, atau secara luas web merupakan sesuatu yang dapat menhubungkan kita melewati batas ruang dan waktu atau biasa disebut internet.






Sejarah dari Web
Web 1.0
Ini merupakan versi awal dari web itu sendiri , dalam versi ini kita hanya dapat melihat tulisan saja belum bisa melihat suatu bentuk gafis dan bersifat read-only atau informatif sertapersonal. Di versi ini memiliki fitur – fitur yang umum seperti search,consult .
Karakteristik:
  1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
  2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
  3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens
  4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.

Web 2.0
Merupakan istilah yang diperkenalkan oleh O’Reilly Media tahun 2003 dan dipopulerkan tahun 2004 pada konfrensi web 2.0 pertama.pada versi ini menekankanya adanya kolaborasi online antara pengguna web yang memungkinkan pengguna dapat memberikan masukannya didalam web seperti komentar pada papan komentar,didalam versi ini kita sudah mengenal pengolahan grafis dalam web perkembangan bahasa html yang pesat dan adanya iklan yang banyak,sehingga kita tidak hanya melihat tulisan .
Web 2.0 mempunyai keuntungan yaitu memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.
Prinsip pada Web 2.0:
  • Web sebagai platform
  • Data sebagai pengendali utama
  • Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
  • Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”)
  • Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
  • Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
  • Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user

Web 3.0
Merupakan perkembangan web 2.0,web 3.0 merupakan suatu konsep dimana kita tidak perlu mencari informasi satu per satu namun hanya dengan memerintahkan komputer untuk mencari sesuatu dan komputer langsung mencarinya secara spesifik ,konsep ini sama dengan Web Semantik oleh karenya ada yang menganggap bahwa Web Semantik adalah Web 3.0.
Tahap Pengembangan Web, sebagai berikut :

1. Requirement Analysis 
        Menentukan tujuan dari web, target audience, target platform, user goals, business goals, dll.
2. Conceptual Design
       Fokus dari desain konseptual ini pada perintah (command) dan bagaimana mengerjakan perintah tersebut.
3. Mockeup dan Prototype.
       Dalam Tahap ini dibuat visual representation (mockeup) dan interactive reresentation( prototype) untuk membuat contoh dengan cepat dan mengevaluasinya sebelumn dibuat produk akhir.
4. Production 
     Pada tahap ini dibuat produk akhir, teks final, isi grafik, dan program harus dibuat semuanya. evaluasi yang umum mencakup penjaminan kualitas, user testing, dan field testing.
5. Launch 
    Produk diluncurkan dan siap untuk diakses oleh umum. selanjutnya, website dipelihara dan dievaluasi.
6. Evaluation
       Pada Setiap Tahap Selalu dilakukan evaluasi.


Bahasa Pemrograman Web
Berikut ini adalah jenis-jenis bahasa pemrograman web
1. Bahasa Pemrograman HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. 


2. Bahasa Pemrograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).


3. Bahasa Pemrograman ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.


4. Bahasa Pemrograman XML

Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.


5. Bahasa Pemrograman WML

WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).
WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.
WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.


6. Bahasa Pemrograman PERL

Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.


7. Bahasa Pemrograman CFM

Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.


8. Bahasa Pemrograman Javascript

Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.


9. Bahasa Pemrograman CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.
Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).


10. Asynchronous JavaScript And XML(AJAX)

Ajax adalah bahasa pemrograman yang membuat web kita lebih interaktif yang salah satu contoh web yang banyak menggunakan ajax adalah facebook, dengan menggunakan ajax web kita terlihat lebih dinamis karena tidak semua page yang tereload.






Satu kata dari saya setelah membaca beberapa artikel mengenai pengembangan web adalah AMAZING! Ya, sangat luar biasa pengembangan dari web. Dimulai dari hanya bisa melihat teks saja, sampai kini kita sudah sering menikmati apapun dari web. Kesimpulannya, pengembangan web berkembang sangat pesat. Pengembang juga dapat melihat bagaimana sesuatu web akan terlihat pada berbagai ukuran layar dengan fungsi “Responsive Design View”. Seperti informasi yang baru saya ketahui bahwa kini Mozila meluncurkan sebuah browser web khusus untuk pengembangan web yang dinamakan sebagai Firefox Developer Edition yang dapat digunakan oleh para pengembang web di seluruh dunia. Dan juga bahasa pemrograman mempunyai kelebihannya masing-masing. Ada yang terbaik dari segi portabilitasnya seperti JSP, ada yang dari segi mudah dan kecepatannya yaitu PHP, ada juga ASP yang terbaik dalam pemrograman web kalau di lingkungan sistem operasi Windows, dan CGI yang baik untuk membuat search engine, serta integrasi yang baik dengan Apache dan linux.


Source :
https://prathamasatyanegara.wordpress.com/2014/04/10/perkembangan-web/
http://handokochun.blogspot.com/2014/03/bahasa-pemrograman-yang-digunakan-untuk.html
http://ngonoo.com/2014/11/163721/mozilla-meluncurkan-firefox-developer-edition-khusus-untuk-pengembangan-web/
http://www.diskusiweb.com/discussion/205/bahasa-pemrograman-web-terbaik/p1

Komentar

Postingan Populer