Desain Permodelan Grafik

 

Sebelum kita mengetahui pengertian desain permodelan grafik, kita ketahui dahulu masing-masing pengertian dari desain, permodelan, dan grafik itu sendiri.
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
Permodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Permodelan ialah tahap dimana akan dibentuknya suatu objek.
Grafik adalah sesuatu yang didefinisikan sebagai ungkapan atau perwujudan dalam bentuk huruf, simbol maupun gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.

jadi setelah kita mengetahui mengenai pengertian dari masing-masing  desain, permodelan dan grafik  kita dapat mendifinisikan Desain Permodelan Grafik yaitu suatu proses penciptaan suatu objek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra baik berupa 2D maupun 3D.dengan tujuan untuk memahami desain grafik sebagai alat penyampaian pesan yang estetis, komunikatif dan efisien dalam konteks media sehingga pada kenyataanya dapat diterapkan untuk berbagai bidang diantaranya adalah seni, kewirausahaan, marketing, dan advertising. 

Perkembangan Desain permodelan Grafik

Saat ini perkembangan desain grafik sudah berkembang pesat, terutama dengan adanya bantuan teknologi. Bahkan dalam segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan aspek kehidupan kita sehari-hari kita dapa menjumpainya. Citra komputer grafik dapat kita temukan di televisi, koran maupun film. Grfaik yang dibuat dnegan baik dapat mempresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi mudah dan juga mudah dipahami. Untuk mendukung perkembangan ini semua telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafik. Perangkat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: 2D, 3D dan animasi grafik. Pada dunia game 3D dimana game 3D sekarang memiliki tampilan bentuk yang lebih halus dan detail sehingga membuatnya seperti nyata dengan tambahan efek-efek seperti penyinaran dll.

Unsur Desain Permodelan Grafik
macam-macam unsur desain permodelan grafik adalah sebagai berikut:
  •  Garis (Line) 
         Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).

  •  Bentuk (shape)
         Bentuk dapat dikatakan segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
  •  Huruf (character)
        Huruf adalah sesuatu yang di presentasikan dalam bentuk visual yang dapat dgunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti: A, B, C, dll. 
  •  Simbol
       Simbol adalah sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang atau simbol.   
  •  Bentuk nyata (Form)
       Bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan maupun benda lainnya.
  • Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.

  • Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.

  • Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.

  • Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
Prinsip Desain Pemodelan Grafik

  • Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.

  • Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.

  • Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.

Tools yang Digunakan pada Desain Permodelan Grafik

Desktop publishing;
Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe IndesignCoreldraw, GIMP, Inkscape, Adobe Freehand, Adobe image ready, CorelDraw, Adobe Page Maker, Paint Tool SAI

Web Desain;
Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Notepad, Adobe Photoshop

Audio Visual;
Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash, Ulead Video Studio, Magic Movie Edit Pro, Power Director

Rendering 3 Dimensi;
3D StudioMax, Maya, AutoCad, Google SketchUp, Light Wave, Blender, Softimage 



Jadi, desain permodelan grafik sudah sangat berkembang pesat di abad ini. Sudah banyak tools-tools yang adapat digunakan untuk membuat berbagai desain permodelan grafik sehingga membantu manusia dalam berbagai kebutuhan contohnya saat membuat iklan promosi untuk suatu barang jualan dan lain sebagainya. 


Source: 
http://eveevania.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html 
http://okyasha7.blogspot.co.id/2014/11/tugas-desain-permodelan-grafik.html 
http://flawless9angels.blogspot.co.id/2014/11/desain-pemodelan-grafik.html

Komentar

  1. wow infonya menarik terimakasih buat infonya.. ooo iya kak kalau ingin tahu cara membuat toko online yukk disini saja. terimakasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer