Cloud Computing

Pengertian cloud computing secara umum ialah kumpulan pemanfaatan teknologi komputer yang terintegrasi dengan berbasis internet atau web.Teknologi komputer berbasis Cloud ini menggunakan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan aplikasi pengguna.Teknologi ini mengizinkan pengguna untuk menjalankan program tanpa perlu melakukan instalasi serta mengakses data pribadi mereka menggunakan jaringan internet.

Pada tahun 60-an, John mcCarthy berpendapat bahwa "perhitungan suatu hari nanti dapat diatur sebagai utilitas publik".Dan ini menjadi sebuah ide awal untuk bentuk komputasi yang kita kenal sekarang dengan Cloud Computing.Kemudian sampai saat ini popularitas Cloud Computing itu sendiri semakin meningkat dapat kita lihat sendiri contohnya ada Google dengan Application engine, ada IBM dengan blue cord initiative, dll.

Manfaat dari penggunaan Cloud Computing sendiri dapat memudahkan pengguna. berikut adalah manfaatnya:

1. Efisiensi Data
   kita dapat meminimaliskan data yang kita pergunakan sehingga tidak terlalu banyak data yang kita gunakan.

2. Data Tersimpan pada Pusat Server
   memungkinkan pengguna untuk menyimpan data yang mereka gunakan secara terpusat di satu server saja oleh penyedia Cloud Computing agar pengguna tidak perlu repot lagi untuk menyediakan infrastruktur seperti media penyimpanan/storage.

3. Fleksibilitas yang Tinggi
   Fleksibilita yang ditawarkan oleh Clod Computing ialah kemudahan untuk melakukan akses data dengan catatan pengguna harus terkoneksi dengan internet. pengguna juga dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan.

4. Penghematan Biaya
   Hal yang dilakukan seperti pembelian infrastruktur, perlatan tambahan dll akan berkurang karena pengguna hanya dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing.

5. Keamanan Data Terjamin
   Keamanan data pengguna disimpan lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi dan lainnya sehingga keamanannya terjamin.



Ada 3 tingkatan service teknologi yang Cloud Computing tawarkan kepada user/pengguna, yaitu:

- Infrastruktur as Service, hal ini meliputi grid untuk virtualized server, storage serta network. Seperti: Amazon Elastic Compute Cloud.

- Platform as a Service, memfokuskan aplikasi yang memungkinkan developer fokus pada application developmentnya tanpa harus mengkhawatirkan sistem operasi, infrastructure scaling, dll.

- Software as a Service, memfokuskan pada aplikasi dengan berbasis web interface yang dapat diakses melalui web service dan web 2.0. Seperti: Google Apps, ataupun social media.







source:
http://ku2harlis.wordpress.com/cloud-computing-dan-aplikasi-cloud-computing/
http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html

Komentar

Postingan Populer