Evolusi Komputer

Disini saya akan memberikan informasi yang mungkin berguna untuk anda. Saya akan membahas tentang evolusi komputer, dari pertama kali tercetusnya ide sebuah komputer hingga kini terciptanya teknologi yang semakin canggih. Pertama, pengertian komputer itu sendiri, Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai perintah yang diberikan. Komputer terdiri dari komponen-komponen yang salaing terkoneksi satu sama lainnya.

Evolusi komputer sendiri bermula dari alat-alat hitung, seperti:

- Abacus

  Abacus sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Abax yang berarti tabel perhitungan. Alat ini biasa dikenal dengan sebutan sempoa di indonesia. Ini adalah alat yang pertama kali digunakan untuk hal-hal menghitung. Alat ini berbentuk seperti rak yang dimasukkan biji sempoa. Seiring dengan perkembangan zaman, abacus ini sudah jarang ditemui di berbagai tempat.

source: Wikipedia.com


- Kalkulator Roda Numerik

  Kalkulator roda numerik atau dalam bahasa inggris Numerical Wheel Calculator berbentuk persegi panjang seperti balok dari kuningan dinamakan Pascaline. Kalkulator roda numerik ini menggunakan roda putar bergerigi yang berjumlah delapan. Berawal pada tahun 1642, Blaise Pascal yang telah menemukan alat ini untuk membantu ayahnya untuk melakukan perhitungan pajak. Kelemahan pada Pascaline ini masih hanya dapat digunakan untuk perhitungan penjumlahan.

source: randaka.wordpress.com


- Kalkulator Roda Numerik 2

  Sama halnya seperti kalkulator roda numerik sebelumnya, hanya saja matematikawan dan filsuf yang berasal dari Jerman memperbaiki Pascaline agar dapat memproses perhitungan perkalian.

  source: up-fitria-9g.blogspot.com

- Kalkulator Mekanik

  Kemudian setelah kemunculan kalkulator roda numerik 2, Charles Xavier De Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan proses 4 aritmatika dasar. Alat ini dipergunakan hingga memasuki era perang dunia I.

source: majuterusindonesiaku.blogspot.com


Sebagaimana perkembangan zaman bermunculanlah teknologi-teknologi yang lebih kompleks dari kalkulator tadi. Bermunculan komputer-komputer dari generasi pertama hingga yang terkini. Seperti yang akan dibahas berikut ini:

1. Komputer Generasi Pertama (1944-1959)

source: majuterusindonesiaku.blogspot.com

    Pada saat kemunculan komputer generasi yang pertama ialah berupa tabung hampa udara yang sangat besar yang digunakan sebagai penguat sinyal. Komputer pertama ini masih sangat banyak memiliki kelemahan, diantaranya seperti masih terbuat dari bahan kaca maka mudah pecah, serta mudah sekali panas sehingga memerlukan komponen tambahan yaitu pendingin. Maka dari itu komputer generasi pertama sangatlah besar dan berat. Komputer elektronik yang ada pertama di dunia yaitu ENIAC dan membutuhkan daya +- 174 kilowatt dan emnggunakan silinder magnetik sebagai media penyimpanan data.

2. Komputer Generasi Kedua (1960-1964)

source: majuterusindonesiaku.blogspot.com

Pada komputer generasi kedua bahasa mesin dgantikan dengan bahasa Assembly, yaitu bahasa-bahasa dengan mengunakan singkatan menggantikan kode biner. Ciri yang khas dari komputer generasi kedua ini ialah adanya Transistor. Sehingga ukuran mesin-mesin elektrik yang digunakan berkurang drastis. Transitor sendiri adalah singkatan dari Transfer Resistor yang berfungsi mempengaruhi dua dari tiga lapisan sehingga resistor yang ada di lapisan berikutnya dapat dipengaruhi. Diawal tahun 1960-an, komputer generasi kedua mulai banyak diciptakan dan dipakai di bidang bisnis, universitas maupun pemerintahan. Contohnya ialah IBM yang mengeluarkan komputer komersial menggunakan transistor yang berhasil sukses di pasaran, yaitu IBM 7090.


3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)



Pada komputer generasi ketiga dikenalah Integrated Circuit atau IC yaitu gabungan dari ribuan transistor dalam bentuk yang sangat kecil. IC sendiri masih dipergunakan hingga sekarang. Ada cincin magnetik yang terdapat di IC yang dapat di magnetisasi secara berlawanan yang kemudian menjadi konsep 0 dan 1 dalam sistem biner yang dimengerti oleh komputer. Penggunaan IC juga sangat membantu kerja komputer itu sendiri, menjadi lebih cepat dan tepat 10.000 kali dari komputer generasi pertama. Pada komputer generasi ketigalah kita dapat melakukan multiprocessing dan multitasking. Contoh komputer generasi ketiga ialah keluaran dari IBM ialah IBM S/360, adapula UNIVAC 1108.


4. Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)

source: student.eepis-its.edu

Komputer generasi keempat yaitu melanjutkan perjuangan komputer generasi ketiga dengan mengembangkan IC menjadi lebih kompleks dan terintegrasi. LSI (Large Scale Integration) ialah contoh pengemabangan dari IC yang memuat beribu-ribu komponen dalam satu chip yang berukuran kecil. Setelah LSI, dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat hingga beratus ribu komponen.Pada tahun 1974 dikenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor oleh penemu micropocessor perusahaan Intel. Sehingga komputer generasi keempat dikenal dengan istilah komputer mikro. Contohnya ialah personal computer (PC).Terdapat IBM PC/486, pentium I, pentium II, pentium II, pentium IV, Core sampai Dual Core atau  saat ini sudah ada Quad Core. Di generasi inilah juga mulai mengenal jaringan yang dapat menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, seperti internet.


5. Komputer Generasi Kelima

source: www.jaringankomputer.org

Komputer generasi kelima atau lebih tepatnya disebut dengan komputer impian di masa depan. Kopmputer generasi kelima ini memungkinkan kita menyelesaikan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan. Unit pusat pemrosesan komputer ini bekerja hampir sama dengan otak manusia, yang dikenal sebagai artificial intelligence. Komputer generasi kelima ini mempunyai fisik yang lebih kecil dan sederahana berbanding terbalik dengan kerja pemrosesannya yang akan semakin canggih. Dan perlu diketahui, semakin kecil suatu alat elektronik, seperti komputer maupun gadget maka akan semakin besar radiasi yang di keluarkan. Dan semakin majunya era canggih ini biayanya akan semakin besar alias mahallllll.





Source:
http://majuterusindonesiaku.blogspot.com/2012/03/perkembangan-komputer-dari-awal-hingga.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
http://teknologiinformasi.weebly.com/komputer-generasi-kelima.html

Komentar

  1. wah lengkap nih artikelnya! saya jadi penasaran bentuk komputer generasi ke 5. di tunggu artikel selanjutnya (y)

    BalasHapus
  2. info menarik tapi lebih menarik jika setiap generasi komputer menjelaskan juga tentang kelemahannya masing-masing pada komputer itu :)

    BalasHapus
  3. wah gak nyangka ko,mputer berawal dari abakus.. btw tolong jelasin cara pake kalkulator roda numerik bagaiman?

    BalasHapus
  4. makasih kaka amel lumayan tugas LP ane kebantu

    BalasHapus
  5. artikelnya lengkap dan jelas.. thanks infonya :)

    BalasHapus
  6. Wah mantap ini artikel, thanks sangat membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer