Artificial Intelligence


Kamu pasti nyadar kan kalau jaman sekarang teknologi (khususnya smartphone) sudah banyak membantu kamu gaes and gals? Semisal Kini kamu mau ngapa-ngapain aja udah serba enak, nyaman, aman, dan praktis pula. Dulu yang apa-apa serba manual kini sudah serba auto. Dulu yang mau ngapa-ngapain harus pergi jauh sekarang gak perlu pergi jauh lagi. Semua itu karena adanya teknologi broh. Segala aspek yang ada disekitar kamu ini mengalami banyak perkembangan seperti kendaraan, media komunikasi, maupun tempat hunian sekalipun. Nah, ternyata gak cuma itu aja lho gaes yang berkembang. Dengan adanya teknologi, dunia kesehatan dan lainnya nampaknya juga ikut berkembang. Teknologi ini bernama Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.


Intelegensi Artifisial atau Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI sendiri didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Dan diisini saya akan me-review beberapa aplikasi di Android yang menggunakan kecerdasan buatan ini. Ada 3 kategori yang akan saya bahas, yaitu kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Yang akan saya bahas pertama adalah tentang kategori kesehatan. Check this out!

·         Tensi Darah Digital
Pada aplikasi ini akan memberitahu tentang tensi darahmu dan kemungkinan penyakitnya hanya dengan memasukan berapa denyut jantung dalam semenit. Dan jika kamu mau mengetahui bagaimana menghitung denyut jantung kamu juga dapet menggunakan aplikasi Heart Rate Monitor loh hanya dengan mengcover kamera handphone kamu dengan jari telunjuk kamu akan langsung mengatahui denyut jantung kamu berapa bpm. Jadi kita bisa langsung mengecek tensi darahtanpa perlu lagi ke apotek atau rumah sakit lagi.


Rate-nya tidak mengecewakan? apalagi aplikasi ini hanya ±2MB saja, jadi tidak banyak memakan memori. Hebat kan? ;D

Berikut adalah tampilan dari aplikasi tensi darah :



Dan aplikasi dibawah ini untuk membantu kamu mengukur denyut jantung :


Hanya dengan mengcover kamera handphone kemudian klik start kamu langsung dapat melihat hasil denyut jantung kamu.

·         Strepsils How’s Your Throat Today?
Ini adalah aplikasi yang dibuat oleh PT Kastara Naga Jingga untuk mengetahui bagaimana keadaan tenggorokan anda (bisa setiap hari lho tapi gak mungkin kan kita sakit tiap hari?). Aplikasi ini akan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai keadaan tenggorokan kamu untuk mendiagnosa kemungkinan penyakit apa yang menyerang tenggorokanmu dan bagaimana kamu dapat mengatasinya dengan berkonsultasi dengan bertanya pada yang ahli mengenai kesehatan tenggorokanmu. Kamu juga akan dapat pengetahuan kuis mitos atau fakta tentang tenggorokan yang dijamin akan menambah wawasanmu.

Aplikasi ini juga mudah digunakan dan tidak lambat alias gampang ngelag. Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Gampang! Cukup menjawab beberapa pertanyaan diagnosis dan kamu akan tahu bagaimana keadaan tenggorokanmu.


Jika kamu ingin mengetahui kondisi tenggorokanmu, kamu bisa langsung pilih diagnosis dan memulai menjawab pertanyaan diagnosis tetapi jika kamu ingin langsung berkomunikasi dengan ahlinya atau ingin mengetahui fakta dan mitos seputar tenggorokan kamu bisa langsung memilih option-nya seperti yang terlihat diatas.


Pada saat menjawab pertanyaan diagnosis kamu akan disuruh merekam suara serta memfoto bagian tenggorokan kamu agar hasil lebih akurat.

p.s. Aplikasi ini dari permen pelega tenggorokan, strepsils. Jadi, setelah mencoba aplikasi ini jangan lupa mencoba permen strepsils-nya ya agar tenggorokanmu lega :D



Setelah me-review beberapa aplikasi tentang kesehatan kita beralih ke aplikasi pendidikan. Take a look!

·         Tes IQ dan kepribadian
Di aplikasi ini kamu dapat mengetahui dan mengukur seberapa cerdasnya dirimu. Cukup dengan menjawab soal-soal tes yang diberi waktu penyelesaian kamu akan mengetahui IQ kamu. Aplikasi ini juga berguna bagi kamu yang ingin mengikuti tes di berbagi intansi dan perusahaan. Mengetahui sejauh mana kamu cocok bekerja dan menjalankan kehidupan. Bagi kamu yang akan mengikuti Tes CPNS aplikasi ini merupakan pelengkap dari Simulasi CAT CPNS, Tes Polri, Tes Psikotes, Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan umum dan dasar yang dibuat oleh AlienDroid.


Pada aplikasi ini juga diberikan fasilitas mengetahui bagaimana sih kepribadian kamu itu dengan menjawab juga soal-soal yang diberikan.

Dan fitur tambahannya enggak kalah seru, ada banyak game lainnya yang mungkin fakta yang kamu dapat cocok dengan kamu.


Kamu nggak asing kan kalo bercanda dengan teman, dan si teman itu menyebutmu “hih dasar IQ jongkok” ? Nah aplikasi ini recommended untuk kamu yang penasaran berapa IQ kamu. Nggak mau kan sembarangan dibilang IQ jongkok? Makanya coba cari tahu IQ kamu di aplikasi ini. Apalagi kalo rating-nya bagus jadi enggak ragu kan mencoba?

·         Teka-Teki Saku
Aplikasi yang berguna untuk mengasah otak ini dibuat oleh developer game lokal, yaitu Touchten Game. Sesuai dengan judulnya, game satu ini akan membawa para pemain masuk ke dlam sebuah atmosfer teka teki silang yang baru. Game teka teki saku ini akan game penghilang bosan  dan sangat cocok untuk mengasah ketajaman berfikir otak kamu.


Game ini benar-benar seru jika dimainkan saat bosan. Kadang kita sendiri akan merasa jengkel saat susah menjawab pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan dalam teka teki ini juga bagus untuk edukasi menambah wawasan dll. Dan tersedia tema-tema lucu yang kamu inginkan.




Dengan rating yang cukup bagus kamu pasti tidak akan menyesal untuk download aplikasi ini J

Dan yang terakhir adalah aplikasi yang berhubungan dengan transportasi. Yang akan memudahkan kamu-kamu jika berpergian menggunakan navigasi dari aplikasi berikut:

·         Sygic GPS and Navigation
Sygic: GPS Navigation adalah Aplikasi Navigasi GPS Offline yang Paling Banyak Diinstal di Dunia dan diberdayakan oleh Peta TomTom. Dengan GPS Navigasi & Peta Sygic, Anda dapat menikmati layanan gratis selamanya: peta TomTom offline, POI, perencanaan rute, dan pembaruan peta gratis. Peta berkualitas tinggi dari TomTom dan penyedia lainnya disimpan di ponsel Android, tablet, atau kartu SD Anda untuk digunakan tanpa koneksi internet.
Untuk memanfaatkan aplikasi secara maksimal, tingkatkan versi ke premium dan nikmati seumur hidup: peta 3D, navigasi belokan demi belokan dipandu suara, panduan jalur, peringatan batas kecepatan, dan tampilan persimpangan dengan panah indikator jalur di perempatan yang kompleks.

Aplikasi ini saya sendiri beri bintang 4,5/5. Wow, sangat membantu kalo kesasar atau baru pertama kali ke jalan itu. Dengan fitur 3D yang mudah dimengerti. Cocok untuk semua kalangan terutama pengendara gak mungkin kan anak-anak buka aplikasi beginian hehe. Yang paling menyenangkannya lagi ada fasilitas offline-nya jadi kalian yang lagi enggak (pernah) ada paket internet atau koneksi wifi bisa tetap menikamati aplikasi ini.

Awalnya kita akan disuruh meilih kita tinggal di wilayah mana kemudian memilih negara dimana kita berada.



Kemudian kita disuruh memasukkan alamat email kita untuk fitur terbaru maupun penawaran-penawaran menggiurkan lainnya.

Voilaaaaa.. kamu langsung dapat mengakses sygic. Kamu dapat melihat peta dari dimana kamu berada sekarang, kemudian jika ingin melihat peta ke tempat yang ingin kamu tuju maka kamu bisa langsung mencari alamat dan mengaksesnya.





Kesimpulan

Artificial Intelligence di zaman modern saat ini sangat pesat perkembangannya. Apalagi dengan adanya smartphone yang dapat mengakses aplikasi-aplikasi keren seperti berikut. Sebenarnya masing-masing aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti force close tiba-tiba atau lainnya tetapi dibalik semua itu, faktanya kita membutuhkan semua aplikasi itu. Hanya saja kita manusia di kodratkan untuk menjadi pemilih sehingga pasti kita akan memilih yang aplikasi terbaik dari yang terbaik. Bisa berdasarkan rating-nya yang tinggi ataupun dari review-reviw seperti ini. The last, intinya kecerdasan buatan atau artificial intelligence ini sangat berguna untuk membantu manusia dan yang paling pentingnya orang yang menciptakan aplikasi kecerdasan buatan ini sendiri sangat perlu dihargai, salah satunya dengan memberi bintang rating atau langsung menulis review di tempat kita mendownload aplikasi tersebut.




https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan





Komentar

Postingan Populer