Artificial Intelligence pada Sebuah Game



Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang Arificial Intelligence pada sebuah game. Ya.. benar kalian tentu sudah mengenalkan atau sering mendengar kan apa itu AI atau Artificial Intelligence?  Bagi kalian yang lupa atau memang belum tau ini dia pengertian dari Artificial Intelligence.

Artificial Intelligence atau AI didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar (expert system), permainan komputer (games), jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Sedangkan pengertian game sendiri, Permainan Komputer atau Games adalah sekumpulan perarturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau sekelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri maupun kemenangan lawan.

Jadi, artificial intelligence pada games adalah keceerdasan buatan yang dimasukkan kedalam komputer untuk memodelkan karakter yang teribat dalam permainan baik sebagai lawan maupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain. Dapat berupa penglihatan (vision), suara (voice), ucapan (speech), dan gerak badan (gesture). Namun, saat ini sesaui dengan perkembangan game dan kecerdasan buatan yang diterapkan sistem dalam game sudah dapat belajar mengenali pola permainan dari player dan ketika player tersebut memulai permainan kembali, maka sistem akan  menggunakan rule yang berbeda, sehingga game menjadi lebih menarik dan menantang.




Dalam game yang berbasis kecerdasan buatan atau AI, ada banyak yang dapat diadaptasi dari bidang tersebut ke dalam game. Beberapa diantaranya:

1. Teknik Mengejar dan Menghindar

    Teknik mengejar dan menghindar merupakan teknik dasar yang diterapkan ke dalam banyak game yang berbasis AI baik yang sederhana maupun yang kompleks.

2. Pola Pergerakan

    Pola  pergerakan merupakan cara yang sederhana untuk memberikan ilusi kecerdasan pada sebuah game. Contoh klasik penerapan pola pergerakan ini adalah pada game Galaga, dimana pesawat musuh bergerak secara melingkar atau mengikuti pola garis lurus yang ditentukan.

                                                                        game Galaga
 
 3. Path Finding

    Teknik path finding ini sering ditemui pada games yang bergenre strategi, dimana kita menunjuk satu tokoh untuk digerakan ke lokasi tertentu dengan mengklik lokasi yang hendak dituju. Salah satu algoritma path finding yang umum adalah algoritma A* (read: A star) yang paling banyak digunakan untuk mencari jalur terpendek secara efisien ke lokasi yang akan dituju.

4.  Jaringan Saraf Tiruan

     Neural network cukup baik ketika diterapkan pada kasus yang sifatnya non-linier atau mengambil keputusan yang tidak dapat dilakukan dengan metode tradisional. Penerpannya pada game-game seringkali memerlukan kemampuan adaptif atau belajar dari pengalaman. Semakin banyak pengalaman yang dialami komputer, maka komputer menjadi semakin cerdas.


5. Algoritma Genetis ( Genetic Algorithm )

    Pada game berbasis algoritma genetis, turunan terbaiklah yang dilibatkan pada game, dimana akan digunakan oleh komputer untuk merespon perubahan tingkat laku user. Algoritma genetis sedikit banyak dipengaruhi oleh evolusi yang dicetuskan oleh Darwin, bahwa spesies akan terus menerus beradaptasi dengan lingkungannya dan ciri khasnya yang terletak pada kromosom akan diturunkan. Nah, turunan tersebutlah yang tadi disebutkan diawal.

contoh game yang menggunakan AI:

PYROMASTER

Game Bomberman juga memiliki karakteristik kecerdasan buatan yang hebat dimasanya, acuan yang dipakai untuk menilai segi kecerdasan buatan di game ini ada pada karakter musuh yang diperankan oleh komputer. Pergerakan yang lincah serta dapat menghindari bom yang dipasang di tempat tertentu dengan sangat luwesnya, membuat kita sebagai pemain game menjadi merasa tertantang untuk mengalahkan karakter komputer tersebut.


Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, bahwa acuannya untuk menilai pemanfaatan kecerdasan buatan pada game ini terletak pada pemain yang diperankan oleh komputer. Sesuai dengan level yang terbagi pada pengaturan Comp AI , yaitu easy, medium, dan hard, maka setiap kecerdasan buatan yang ditanamkan pada setiap level tersebut akan berbeda-beda cara penanganannya. Semakin tinggi level dari Comp AI (paling rendah level easy, dan paling tinggi level hard) maka semakin tinggi pula cara pemahaman, dan penalaran komputer untuk melakukan strategi perang pada game.

Hal ini dapat kita nilai dari kepintaran pergerakan dari komputer di setiap levelnya, di level easy komputer akan kurang berhati-hati dalam menerapkan strategi perang, baik itu dari sisi pemahaman meletakkan bom di tempat yang tepat, sampai pergerakan yang sebenarnya tidak perlu sehingga bisa mengakibatkan komputer terbunuh oleh bomnya sendiri. Lain halnya jika komputer memiliki tingkat kecerdasan buatan lebih tinggi, semakin tinggi levelnya maka komputer akan menerapkan strategi perang yang dirasanya sempurna untuk mengalahkan lawan, dan juga melakukan pergerakan-pergerakan yang dapat menguntungkan dirinya, namun merugikan lawannya.

GRAND THEFT AUTO V

Grand Theft Auto V adalah open world action-adventure video game yang dikembangkan oleh Rockstar North dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Dirilis pada 17 September 2013.  Ini merupakan judul kelima belas di Grand Theft Auto Series. Sebagai salah satu judul lalu untuk melepaskan secara eksklusif selama konsol permainan video generasi ketujuh. 

Narasi dari ermainan berikut dengan tiga karakter dengan cerita yang saling berhubungan. Michael De Santa adalah mantan perampok bank pensiunan awal empat puluhan yang tinggal bersama keluarga yag disfungsional pada hasil kehidupan sebelumnya di daerah kelas atas Rockford Hills, berdasarkan Beverly Hills. Trevor Phillips, mantan pasangannya dalam kejahatan, tinggal sendirian di sebuah trailer di gurun Blaine Country dimana perilaku sembrono dan psikopat didorong oleh kecanduan narkoba.

Itu adalah penggalan dari kisah game Grand Theft Auto V. Dan dibawah ini penggalan bagaimana memainkan game tersebut.
 


 

source:
http://faris6593.blogspot.co.id/2014/03/pengenalan-pengertian-teknologi-game-dan-esrb.html
http://kelompok6-ia15.blogspot.co.id/2010/10/kecerdasan-buatan-pada-game-pyromasters.html
https://wildanrenaldi.wordpress.com/2013/09/20/info-lengkap-gta-v/

Komentar

Postingan Populer